.

Minggu, 02 Agustus 2020

Pengenalan Pembelajaran Seni Budaya (3)

Pengenalan Pembelajaran Seni Budaya

 

PETA MATERI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII DAN IX


 

Pada artikel saya sebelumnya, kita telah memahami tentang Kompetensi dasar, materi pokok dan kegiatan pembelajaran seni budaya cabang seni rupa dan seni musik aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan untuk kelas VII, untuk artikel selanjutnya kita akan mengupas tentang peta materi pembelajaran seni budaya kelas VIII dan IX yang dilanjutkan dengan artikel tentang kompetensi dasar, materi pokok dan kegiatan pembelajaran seni budaya cabang seni rupa dan seni musik aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan untuk kelas VIII dan IX.

 

 

Berikut adalah peta materi pembelajaran seni budaya di SMP Negeri 2 Kalikajar Kelas VIII dan IX

 

 

Materi Pembelajaran Kelas VIII meliputi:

 

SENI RUPA

SMT

KOMPETENSI PENGETAHUAN

KOMPETENSI KETERAMPILAN

1

Unsur, prinsip, teknik, dan prosedur menggambar model dengan berbagai bahan

Pembuatan gambar model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan baik langsung mupun tidak langsung

1

Gambar ilustrasi dengan teknik manual dan digital

Pembuatan gambar ilustrasi dengan teknik manual atau digital

2

Teknik gambar poster

Pembuatan gambar poster dengan berbagai bahan dan teknik

2

Teknik gambar komik

Pembuatan gambar komik dengan berbagai teknik

 

SENI MUSIK

SMT

KOMPETENSI PENGETAHUAN

KOMPETENSI KETERAMPILAN

1

Lagu daerah setempat atau daerah lain

Teknik menyanyi lagu daerah

1

Lagu daerah dalam dua suara atau lebih

Teknik menyanyikan lagu daerah dengan dua suara

2

Teknik memainkan alat musik tradisional secara perseorangan

Memainkan alat musik tradisional secara perseorangan

2

Teknik memainkan alat musik tradisional secara berkelompok

Memainkan alat musik tradisional secara berkelompok

 

 

 

Materi Pembelajaran Kelas IX meliputi:

 

SENI RUPA

SMT

KOMPETENSI PENGETAHUAN

KOMPETENSI KETERAMPILAN

1

Unsur, prinsip, teknik, dan prosedur berkarya seni lukis dengan berbagai bahan

Pembuatan karya seni lukis dengan berbagai bahan dan teknik

1

Prosedur berkarya seni oatung dengan berbagai bahan dan teknik

Pembuatan patung dengan berbagai bahan dan teknik

2

Prosedur berkarya seni grafis dengan berbagai bahan dan teknik

Pembuatan karya seni grafis dengan berbagai bahan dan teknik

2

Prosedur penyelenggaraan pameran karya seni rupa

Pameran seni rupa

 

SENI MUSIK

SMT

KOMPETENSI PENGETAHUAN

KOMPETENSI KETERAMPILAN

1

Pengembangan melodi lagu untuk vocal solo / tunggal lagu

Teknik/cara mengembangkan melodi lagu

1

Aransemen lagu untuk kelompok vokal

Teknik/cara mengembangkan melodi lagu dalam bentuk kelompok vokal

2

Konsep. Bentuk, dan ciri-ciri musik populer

Sajian lagu atau musik popular secara individual

2

Pertunjukan musik popular

Karakteristik pertunjukan musik popular berdasarkan jenisnya.

 

 

KOMPETENSI DASAR, MATERI POKOK, DAN PEMBELAJARAN

Pada artikel sebelumnya kita telah sedikit mengupas tentang kontekstualisasi pembelajaran seni budaya sesuai kondisi lingkungan dan peserta didik. Kali ini kita akan mengupas tentang kompetensi dasar, materi pokok, dan kegiatan pembelajaran.

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui  keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung,  dan  dapat  digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan (3.1; 3.2; 3.3; 3.4) dan Kompetensi Keterampilan (4.1; 4.2; 4.3; 4.4) seni rupa dan seni musik kelas VIII adalah sebagai berikut ini:

 

SENI RUPA

 

Kompetensi  Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran

3.1  memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur    menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan

Unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar model dengan berbagai bahan

Mengidentifikasi gambar-gambar yang menggunakan model

Mendeskripsikan unsur, prinsip dan teknik dalam menggambar model

 

4.1. Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan

Pembuatan gambar model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan

Menggambar model dengan memperhatikan unsur, prinsip, teknik dan media

Mempresentasikan karya-karya yang diciptakan

3.2  memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Prinsip, dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan geometrik

Mengamati unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan geometrik Mendiskusikan dan Mendeskripsikan proses dan hasil menggambar ragam hias gubahan

4.2  menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Pembuatan gambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometris

Memecahkan masalah dan membuat kesimpulan tentang  menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

Mempresentasikan gambar ragam hias gubahan flora, fauna dan geometrik di kelas

3.3  memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan

Penerapan ragam hias pada bahan buatan

Mengamati dan mengklasifikasi prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan

Menggali informasi tentang prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan.

Mendiskusikan prosedur penerapkan ragam hias pada bahan buatan

4.3  membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan buatan

Pembuatan motif ragam hias pada bahan buatan

Merancang dan mempresentasikan prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan.

Membuat karya dua dan tiga dimensi dengan bahan buatan menggunakan motif ragam hias

Mempresentasikan hasil gambar secara tulis dan lisan

3.4  memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam

 

Prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam

Mengamati dan mendeskripsikan ragam hias pada bahan alam

Menerapkan dan mendeskripsikan unsur dan prinsip seni dalam menggambar ragam hias pada bahan alam

4.4 membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan alam

Pembuatan karya dengan menerapkan berbagai motif ragam hias pada bahan alam

Membuat karya ragam hias pada bahan alam

Mempresentasikan secara lisan dan tertulis hasil kaian tentang penerapan ragam hias pada bahan alam

 

SENI MUSIK

 

Kompetensi  Dasar

Materi Pokok

Pembelajaran

3.1 memahami konsep dasar bernyanyi satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono

Konsep dasar bernyanyi satu suara (unison) secara berkelompok

Menyaksikan/menyimak sajian lagu satu suara oleh kelompok

Mengidentifikasi ciri-ciri bernyanyi satu suara secara berkelompok

Mempresentasikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri bernyanyi satu suara (unisono) secara berkelompok dan menyimpulkan konsep bernyanyi secara unisono

4.1 menyanyikan lagu dengan satu suara secara berkelompok dalam bentuk unisono

Teknik bernyanyi satu suara secara berkelompok

Berlatih menyanyikan lagu satu suara (unisono) secara berkelompok

Menilai penampilan kelompok dalam menyanyikan lagu satu suara

3.2 memahami dasar bernyanyi dengan dua suara atau lebih secara berkelompok

Konsep dasar bernyanyi dalam dua suara atau lebih secara berkelompok

Mengamati penyajian lagu dua suara atau lebih secara berkelompok

Mengidentifikasi ciri-ciri bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok

Mempresentasikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok, serta menyimpulkan konsep bernyanyi dua suara atau lebih secara berkelompok

4.2 menyanyikan lagu dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vocal

Teknik bernyanyi dengan dua suara atau lebih dalam bentuk kelompok vokal

Setiap kelompok suara berlatih menyanyikan lagu sesuai jalur suara masing-masing

Memadukan hasil latihan kelompok suara

Menyajikan hasil berlatih menyanyikan lagu dua suara atau lebih secara berkelompok

Menilai penyajian grup vocal

3.3 memahami konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perseorangan

Konsep dasar permainan alat musik sederhana secara perorangan

Mengungkapkan ciri alat musik serta cara memainkan alat musik berdasarkan pengetahuan yang dimiliki peserta didik

Memanfaatkan benda di lingkungan sekitar sebagai alat musik sederhana

Mengeksplorasi hubungan antara teknik memainkan dan bunyi yang dihasilkan alat musik sederhana

Mempresentasikan hasil kegiatan eksplorasi

4.3 memainkan alat musik sederhana secara perseorangan

Teknik memainkan alat musik sederhana secara perseorangan

Berlatih memainkan alat musik sederhana secara perorangan (menggunakan karya peserta didik atau karya musik yang disiapkan guru)

Menilai penampilan bermain alat musik sederhana secara perorangan

3.4 memahami konsep dasar ansambel musik

Musik ansambel sejenis dan campuran

Mengamati pertunjukan musik ansambel sejenis dan campuran

Mengidentifikasi perbedaan permainan musik ansambel sejenis dan campuran

Memaparkan kesimpulan yang diperoleh tentang konsep dasar ansambel, ansambel sejenis dan ansambel campuran

4.4 memainkan ansambel

musik sejenis dan campuran

Teknik memainkan ansambel musik sejenis dan campuran

Bermain ansambel sejenis

Bermain ansambel campuran

Menilai permainan ansambel sejenis dan ansambel campuran

 

Demikian artikel tentang peta materi pembelajaran seni budaya kelas VIII dan IX yang dilanjutkan dengan artikel tentang kompetensi dasar, materi pokok dan kegiatan pembelajaran seni budaya cabang seni rupa dan seni musik aspek sikap, pengetahuan dan ketrampilan untuk kelas VIII dan IX.

Semoga bermanfaat.

[Ddoes]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar